Thursday, November 3, 2011

Desentralisasi Sepakbola


Oleh Darmanto Simaepa

Saya tidak pernah—atau belum pernah—bisa mencintai Persela. Bahkan hanya untuk sekadar mengaguminya. Teman-teman heran, saat beberapa kali di stadion Agus Salim, saya bersemangat sekali mendukung Kabau Sirah dan meneriaki Elie Eboy. Saya lebih mengenali sejarah Southampton dan Le Tessier, misalnya, daripada Laskar Joko Tingkir. Sebaliknya, saya juga heran, tetangga yang dulu saya kenal sebagai orang alim—yeah, lulusan pesantren dan jadi guru ngaji namun sekarang di Korea menjadi TKI—beberapa kali dipenjara, gara-gara Persela. Tidak peduli dimana Persela main, asalkan masih di pulau Jawa, dia pasti menonton. Lengkap dengan ketapel, kelereng, batu-batu, rajah anti pukulan dan segudang kata makian.

Persela bukanlah klub yang buruk-buruk amat. Ia tidak pernah di level atas tapi juga tak pernah terpuruk. Tidak lebih baik dari Arema atau Persik, tapi, tidak lebih buruk dari Deltras atau Persibo. Sebutan tim semenjana paling mendekati definisinya. Ada beberapa pemain yang dipanggil tim nasional. Beberapa kali juara Liga Jatim. Juniornya bahkan menjuarai Liga Indonesia U-21. Tapi itu semua tidak pernah memberi emosi.

Mungkin ketidakterikatan ini bermula dari kisah remaja. Tim kanak-kanak adalah Niac Mitra—yang kemudian menjadi Mitra Surabaya. Setiap Rabu dan Minggu sore, saya mendengar siaran bung Hendratama, penyiar RRI, menyiarkan laporan pandangan matanya dari stadion Tambak Sari (radio harus dimatikan jika ada hujan dan petir). Sesekali, ketika perserikatan menguras emosi kedaerahan, berganti menjadi Persebaya. Ketika remaja, De Mello, Widodo dan Petrokimia Putra menjadi idola. Saya, saat usia belasan awal, bahkan kadang harus meninggalkan les tambahan Ebtanas untuk berlatih di Stadion Petrogres seminggu dua kali.

Sepanjang ingatan, Persela hanya menjadi bahan ejekan pendukung tim Babat dan Brondong, dua kecamatan yang lebih menarik permainannya. Secara teratur, saya menonton Babat bermain. Di masa SMA, untuk turnamen antar sekolah, saya dua kali pernah bermain di stadion Surajaya. Saat itu stadion itu sangat jelek. Rumput tidak rata. Kusam. Kering. Seperti genangan lumpur jika hujan. Tempat duduknya tak nyaman. Saat penonton berebut masuk menonton turnamen 17 Agustusan, anak-anak tanpa karcis yang menumpang, sering tertendang sepatu lars dan pukulan.

Lima belas tahun lalu, saya tidak membayangkan kota ini akan hiruk-pikuk di hari pertandingan. Pada dasarnya, Lamongan bukanlah kota sepakbola. Kiblat sepakbola adalah Surabaya, Malang atau Gresik. Di tahun 1990-an, pemain terbaik kabupaten ini bukan dari kota ini. Najih Mahmudi, dan kemudian Sunan Ali, bermain untuk Babat dan kota di pantai utara, Paciran. Lalu mereka terkenal diluar karena, saat itu, Lamongan tidak memiliki tim kompetitif. Pemain ini bermain tarkam di desa-desa ketika libur kompetisi. Tapi mereka tidak pernah bermain dengan Persela.

Persela hanya terdengar dikompetisi kelas tiga di Jawa Timur. Saya pembaca setia Jawa Pos dan hampir tidak ada yang saya ingat berita mengenainya. Tahun 1994, saat Liga Indonesia jilid pertama, Persela masih ada di divisi dua. Hanya karena divisi III tidak ada lagi pada waktu itu, hingga tahun 2001, Persela masih bertahan disana. Titik balik terjadi tahun 2001-2003, ketika Persela melesat dari Divisi II ke Divisi Utama dalam waktu 2 musim kompetisi.

******

Saya, dari tempat yang jauh, tidak mengenali proses apa yang menjadikan evolusi Persela sedemikian cepatnya. Lamongan bukanlah kota industri, seperti Surabaya, Makassar, Jakarta, Semarang, atau Medan. Dalam sejarah sepakbola Indonesia, sepakbola terutama berkembang di kota-kota besar yang dihuni banyak buruh dan pengangguran. Kota besar menciptakan klub sepakbola dengan penggemar massif dan fanatik. Lamongan juga bukan kota pendidikan atau bekas kota kolonial yang elegan, seperti Malang atau Bandung yang memiliki alun-alun dan stadion olahraga yang bagus, dimana para pelajar dan ambtenaar memiliki banyak waktu luang berolahraga.

Lamongan dikelilingi sawah dan tegalan. Nyaris tidak ada industri yang menarik massa pedesaan mencari rejeki. Ini kota yang sepi dimana perdagangan bukanlah penggerak ekonomi. Kota ini tidak memiliki syarat terbentuknya sebuah industri sepakbola. Banyak penduduknya pergi merantau—menjual soto, pecel lele dan tenaga kerja dengan menjadi TKI di Malaysia atau Korea. Di bagian selatan yang dilintasi Bengawan Solo, kabupaten ini sering tersapu banjir sehingga produksi padi cenderung lebih rendah, sementara di bagian utara, pegunungan kapur miskin hara serta hutan-hutan kering bukanlah lanskap yang menarik investasi.

Satu-satunya penjelasan yang masuk akal bagi saya mengapa Lamongan berevolusi menjadi kota sepakbola adalah proses desentralisasi. Saya rasa ada keterkaitan antara kebijakan otonomi, munculnya figur Masfuk, dan melesatnya prestasi Persela.

Wacana desentralisasi adalah arus besar yang membangkitkan perasaan memiliki terhadap tempat seseorang lahir dan dibesarkan. Kesadaran atas identitas menyebabkan batas-batas sosial, teritorial dan ekonomi yang diabaikan beberapa waktu—tentang apa dan siapa itu Lamongan atau Mentawai —diperkuat kembali. Otonomi memungkinkan terjadinya mobilisasi identitas kolektif dan politik atas nama kedaerahan. Desentralisasi membuka peluang demokratisasi. Bupati bisa dipilih langsung. Anggaran belanja bisa disusun secara mandiri. Eksekutif bisa belanja tanpa dikekang intervensi Jakarta.

Setelah meredupnya klasifikasi Geertzian, ada banyak cara mobilisasi politik. Salah satu yang utama adalah sepakbola. Kebijakan desentralisasi memfasilitasi perkawinan sepakbola dan politik. Menguatnya identitas kedaerahan memungkinkan orang mengidentifikasi dirinya untuk menolak dominasi otoritas lebih tinggi, baik dari provinsi maupun dari Jakarta. Dalam hal sepakbola, dominasi itu berupa klub-klub kota besar yang didukung dan didanai provinsi. Hirarki politik dimasa lalu menyebabkan persaingan hanya terjadi di ‘puncak-puncak sepakbola nasional’. Medan, Jakarta, Makassar, Bandung, Semarang, Surabaya, Jayapura, Yogyakarta. Setelah rejim orde baru meruntuhkan aspirasi kedaerahan dan mengekang hasrat itu menjadi sangkar perserikatan, maka otonomi daerah menjadi kendaraan penyaluran impulsi yang telah lama dikebiri.

Para pemikir—Stuart Mill, Roesseau, hingga Isaiah Berlin—telah memberi kabar bahwa manusia selalu menghasratkan identitas kelompok. Hasrat kelompok itu, dalam konteks desentralisasi, muncul di setiap kabupaten. Transformasi ini memungkinkan peralihan kekuatan peta sepakbola. Jutaan penggila bola ingin merasakan daerah dimana ia tinggal merasakan kasta tertinggi kompetisi. Mereka juga ingin klubnya disiarkan televisi. Mereka rela menukar apapun, apalagi hanya sekedar suara dalam pilkada, bagi siapa saja yang bisa mewujudkannya. Sebaliknya industri sepakbola membutuhkan uang untuk meraih standar kompetisi yang diinginkan oleh FIFA. Para politisi dan calon bupati menjanjikan dan memiliki kekuasaan untuk mewujudkannya.

Bukan kebetulan jika Masfuk bisa terpilih dua kali menjadi Bupati dan menjadi ketua umum Persela. Tapi Ini bukanlah kasus khusus. Walikota Kediri di masa-masa jayanya. A.R Kambu dengan Persipura. Gubernur Sumatra Selatan dengan Sriwijaya. Bukan kebetulan juga, ketika PKS yang tidak menggunakan sepakbola sebagai kampanye politik menang di Tangerang, Persikota dan Persita akhirnya remuk redam. Diluar kekuatan tradisional perserikatan dan klub bermodal besar, seluruh tim yang muncul di Liga Indonesia ketua umumnya adalah Bupati atau Walikota. Pola-pola semacam ini bukanlah hal baru juga. Di masa perserikatan, sepakbola juga menghisap duit negara. Hanya saja, untuk keluar dari rekening bank, uang itu harus melalui instruksi Gubernur. Sekarang, uang untuk klub tersebut disyahkan dalam rapat paripurna DPRD.

******

Orang Lamongan diperantauan dan orang di desa saya mengidentikkan dirinya dengan LA Mania. Penyanyi orkes keliling menyapa penggemarnya dengan LA Mania. Penjual tahu kupat menulis spanduknya diwarungnya LA Mania. TKI di Malaysia dan Korea meminta dikirimi kous biru muda bertuliskan LA Mania. Ini adalah kecenderungan baru. Penggila bola dari Babat di masa remaja saya, dapat dikatakan tidak ada yang mencintai Persela. Orang-orang paruh bayapun sepertinya agak lupa, bahwa mereka dulu mencemoohnya. Persela adalah entitas baru yang mampu mentransformasikan identitas kolektif Lamongan.

Meskipun banyak keluhan tentang jalan-jalan yang tidak teraspal bagus (dibandingkan dengan Tuban, misalnya) dan penurunan produksi beras sejak 2003-2009, orang Lamongan agaknya lebih bersemangat melihat Persela Juara. Uang sekitar 20 milyar tidaklah sedikit untuk kabupaten yang tidak kaya—habis hanya 8 bulan masa kompetisi. Dengan ketergantungan APBD, industri sepakbola Indonesia memiliki logika konsumtif (menghabiskan), berbeda dengan industri sepakbola di Eropa yang mengandalkan logika investatif (menghasilkan). Uang yang diputar sepakbola pasca-desentralisasi adalah hibah atau bantuan.

Yang bekerja dalam logika konsumsi adalah: ‘Habiskan saja. Tidak apa-apa. Itu uang APBD. Toh, tahun depan, masih ada lagi juga’. Klub tidak dituntut untuk mengembalikan uang itu. Bahkan jika prestasi Persela hanya di urutan 14 dari 15, musim kompetisi depan, kalau perlu, ditambah lagi. Banyak analis mengeluh, sepakbola jenis ini membebani rakyat, membiakkan korupsi dan menjadi alat pemuas hasrat politik. Desakan PSSI agar menghentikan uang negara ke dalam kompetisi terus menguat. Tapi coba tanya kepada orang Lamongan? Saya pikir mereka akan rela kehilangan APBD-nya untuk sepakbola dari pada Persela turun ke Divisi Utama.

Dari yang saya pahami tentang Persela, yang terjadi dengan desentraliasi sepakbola adalah ambivalensi. Setelah otonomi, sepakbola menjadi lebih ‘merakyat’ dan populer. Permainan indah ini lebih dekat ke dalam kehidupan sehari-hari. Pemain lokal bermunculan. Sekolah sepakbola menjamur. Penonton dan penggemar baru mulai berdatangan. Stadion-stadion penuh. Rating siaran sepakbola meninggi. Orang Indonesia lebih mencintai sepakbola di negerinya sendiri. Identitas fans dan penonton terhubung dengan klub dan para pemainnya. Tetapi, kenapa, setelah 15 tahun, kompetisi masih belum bisa membiayai dirinya sendiri? Di dalam industri sepakbola global, para penggemar yang memiliki sentimen primordial dapat ditransformasikan menjadi konsumen yang loyal. Di Indonesia, semakin ramai kompetisi, semakin banyak menggunakan uang dari pajak.

Fenomena sepakbola di era desentralisasi mewakili apa yang disebut antropolog sebagai the right of happines. Ini adalah semacam hak untuk berbahagia, bagaimanapun caranya. Istilah ini merujuk pada hak-hak yang harus diberikan kepada kelompok minoritas, marjinal, atau ‘suku-suku yang dieksklusi’, yang selama ini ditekan oleh kebudayaan dominan untuk merayakan kebahagiaan, melepaskan penderitaan, dan meraih modernitasnya sendiri bahkan dengan cara yang destruktif (merusak alam, atau menggunakan ganja). Apakah sepakbola Indonesia adalah sebuah cara bagi rakyat untuk mendapatkan kebahagiaan, yang selama ini mereka tidak dapatkan dalam kehidupan politik dan publik, sehingga mereka rela mengorbankan uang pajak yang ‘dicuri’ dari kantung mereka sendiri?

Sepakbola adalah olahraga yang menyentuh sentimen primordial. Dengan sepakbola, orang-orang dari wilayah pinggiran politik nasional bisa berbangga. Warga Kediri, Malang, Persipura, Palembang –yang klubnya pernah juara—bisa menjajarkan diri dengan orang Jakarta, Medan, atau Surabaya. Perasaan diperhitungkan dan diperbincangkan dalam konteks nasional, melalui sepakbola, membuat para politisi dan rakyat yang memiliki kepentingan berbeda bisa sepakat bersama. Sepakbola menjanjikan harapan bagi orang Lamongan, Manokwari, Timika, Gorontalo, Kutai dan tempat-tempat yang tidak pernah dengar dalam perbincangan sehari-hari tentang Indonesia, untuk menjadi bagian penting bagi komunitas yang dibayangkan sebagai Indonesia.

******

Konon, Surajaya sekarang telah bertransformasi menjadi stadion bertaraf (inter) nasional. Para pemainnya masuk seleksi timnas senior. Penonton jarang berkelahi dan mereka sedang mengelola akademi. Dimasa-masa hal-hal bagus ini mulau tumbuh, saya berada ditempat yang jauh. Ketika sepakbola menemukan musim semi, saya telah pergi. Saya tidak sempat merasakan sepakbola memberi kebahagiaan bagi orang Lamongan dan membentuk identitas kolektif LA Mania. Mungkin itu menjelaskan, kenapa saya tidak pernah bisa mencintai klub ini.

*Ilustrasi oleh Arifin Katiq, seorang guru, traveler, pelukis, dan pencinta Persela

56 comments:

  1. tulisan terbaik di blog ini, sejauh ini. Andy Mitten pernah menulis tentang Macclesfield Town di 4-4-2 edisi Ferbruari 2007. Dan saya merasakan pengalaman yang lumayan serupa pada tulisan ini. Mitten cuma sedikit lebih dramatis, karena tulisan itu dibumbui oleh cerita bunuh diri pemilik klub. Tameng panci dan wajan tampknya cukup ampuh untuk melindungi Masfuk dari dirinya sendiri, hahahah...

    ReplyDelete
  2. Terima kasih Anonim. Ini juga komentar terbaik yang saya dapatkan. :) Kami juga fanatikus 4-4-2. Saya, berambisi untuk berevolusi menuju standar penulisan majalah itu (tentu saja bukan yang 22+, yang tulisannya sangat buruk itu). Masalahnya, di blog agak sukar menulis panjang. Kami tunggu komentar anda selanjutnya.

    ReplyDelete
  3. PROMO NEW MEMBER 20%

    Peserta Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg menyediakan jasa pelayanan bagi pembukaan akun permainan judi atau taruhan online kepada kamu di peserta judi online yang berderajat International, resmi dan terpercaya hanya di ZeusBola.

    Sbg Perizinan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dengan maskapai Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penguasaan Isle of Man buat beroperasi sbg juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    https://agenzeus.net/tips-strategi-cara-bermain-permainan-poker-remi-online/
    https://agenzeus.net/langkah-mengkalkulasi-pasaran-atau-odds-permainan-sabung-ayam/
    https://agenzeus.net/panduan-cara-bermain-sicbo-atau-dadu-di-oriental-game/

    Ayo daftar sekarang di AgenZeus.net

    ReplyDelete
  4. SUDAH BOSAN KALAH DAN KETIKA MENANG DI PERSULIT PROSES NY ?COBAIN DULU BOS KU GABUNG DENGAN BOLACAMAR SITUS BO TERBAIK NO TIPU” MENANG LANGSUNG PROSES TANPA RIBET ,DAN AD BONUS DP SETIAP HARINYA ,KUNJUNGI LINK KAMI DI BOLAEMAS88 COM

    BBM : DDE2D174
    WA : +855969617332
    LINE : BOLACAMAR

    ReplyDelete
  5. Promo Bonus Freechip Ramadhan Situs Online AGEN ZEUSBOLA!

    AGEN ZEUSBOLA MENYEDIAKAN BONUS UNTUK ANDA PARA GAMBLING SEJATI!!!

    CEK SEKARANG JUGA DI ZEUSBOLA UNTUK MENDAPATKAN BONUSNYAAAAA!!!!!!

    Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

    Link Alternatif : WWW(.)BOLAZEUS(.)COM
    LINE : zeusbola
    Whatsap : 0813-3355-2228
    BBM : BOLAZEUS

    ReplyDelete
  6. PROMO KHUSUS MEMBER BARU 15%

    DewaZeus adalah partner dari situs ZeusBola, yang merupakan agen agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di judi bola deposit pulsa.

    Yang Merupakan Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penaklukan Isle of Man buat beroperasi yang merupakan juru taruhan olahraga sedunia.

    main judi pakai pulsa
    https://dewazeus.site/situs-agen-taruhan-poker-deposit-via-pulsa-2019/
    https://zeus77.net


    Ayo main sekarang di dewazeus.site

    ReplyDelete
  7. Ingin Bermian Judi Online Namun Saldo Atm Kosong ?
    Tenang di Zeusbola Kamu Bisa Melakukan Deposit Dengan Pulsa
    Bukan Hanya Dengan Pulsa Saja, Anda Juga Dapat Deposit Menggunakan OVO
    Sangat Membantu Anda Bukan?
    Ayo Segera Daftarkan Diri Anda Dan Jangan Lupa Ajak Teman Anda !!
    Kami Tunggu Kedatangannya yaaa
    Zeusbola Juga Siap Melayani Anda 24 JAM NONSTOP !!

    Hubungi Kami :
    Whats up : 081333552228

    DAFTAR JUDI ONLINE TERPERCAYA

    ZEUSBOLA

    http://bolazeus.com/

    ReplyDelete
  8. bosen kalah kalah aja..?? silahkan coba registrasi di bolavita sabung ayam-pukul mati
    hanya dengan modal 50 ribu sudah bisa jadi jutawan
    buktikan sendiri no Hoax... ^^

    info lbh lanjut:

    WA: +628122222995

    ReplyDelete
  9. PokerAyam adalah Sebuah Situs Permainan Poker Online Uang Asli Dimana Anda akan diberikan fasilitas menikmati 7 game dalam 1 akun. Semua permainan yang tersedia menggunakan uang asli yang bisa dilipat menjadi berlipat ganda. Proggressive jackpot hingga ratusan juta rupiah setiap harinya.

    Poker Deposit Pulsa 2019 | IDN Poker Deposit Pulsa | Deposit Via Pulsa | QQ Deposit Pulsa

    Untuk Minimal Deposit :: Rp 10.000,-
    Untuk Minimal Withdraw :: Rp 25.000,-

    Bonus Freechip Pokerayam :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan
    Situs Judi Poker Online Pulsa

    Hubungi Kami
    http://165.22.51.220
    Livechat : PokerAyam
    WA : 081222221680
    LINE : POKERAYAM

    ReplyDelete
  10. Bayar Pakai Dengan Pulsa AXIS XL TELKOMSEL

    Anda Dapat Bermain Setiap Hari dan Selalu Menang Bersama Poker Vita
    Capsa Susun, Bandar Poker,QQ Online, Adu Q, dan Bandar Q

    Situs Situs Tersedia bebebagai jenis Permainan games online lain

    Sabung Ayam S1288, CF88, SV388, Sportsbook, Casino Online,
    Togel Online, Bola Tangkas Slots Games, Tembak Ikan, Casino

    Terima semua BANK Nasional dan Daerah, OVO GOPAY

    Whatsapp : 0812-222-2996

    POKERVITA

    ReplyDelete
  11. CemePoker - Bandar QiuQiu Online Deposit Pulsa
    Dengan Rate Tukar Pulsa Tertinggi
    Bisa Deposit via OVO Juga
    Dapatkan Bonus New Member Langsung
    Pendaftaran : http://cemepoker.info

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 081333552227

    DEPOSIT POKER ONLINE VIA OVO PAY

    ReplyDelete
  12. Situs S128 Sabung Ayam Online Terpercaya Di Indonesia Hingga Saat Ini


    Bosan Kalah Melulu ?? Gabung Sekarang Di ZEUSBOLA

    ZEUSBOLA MENYEDIAKAN PERMAINAN TERLENGKAP

    SPORTBOOK | LIVE CASINO | SABUNG AYAM | SLOTS GAMES | TEMBAK IKAN | POKER ONLINE

    Dapatkan Fasilitas Dengan Berbagai Jenis Transaksi Terlengkap Di Zeusbola.cc Seperti :

    Judi Poker Online Deposit All Bank Lokal Indonesia
    Judi Poker Online Deposit Via Pulsa
    Judi Poker Online Deposit Via OVO
    Judi Poker Online Deposit Via GOPAY
    Judi Poker Online Deposit Via LINKAJA
    Judi Poker Online Deposit Via Tcash
    Judi Poker Online Deposit Via DANA
    Judi Poker Online Deposit Pulsa
    IDNPoker Online Deposit Pulsa


    Untuk Deposit Juga Bisa Melalui Indomaret, Alfamart, Mkios Ataupun Lainnya ya pak ^^

    Jika Penasaran Segera Langsung Kunjungi Zeusbola.cc & Kami Siap Membantu Anda Dalam Proses Pendaftaran hingga Deposit Menggunakan berbagai Jenis Transaksi yang tersedia Di http://zeusbola.cc/.

    Daftar Judi Kartu Idn Poker Online Terpercaya Di Indonesia
    Link Alternatif Daftar Poker :
    Ihttp://bit.ly/DaftarZeusbola

    Contact Person us :
    Live Chat Zeus Bola : http://bit.ly/LivechatZeusbola
    Whatsapp : http://wa.me/081333555996
    Telegram : http://t.me/081333555996


    #JudiPokerOnlineDepositViaPulsa #JudiPokerOnlineDepositViaOvo #JudiPokerOnlineDepositViaGopay #JudiPokerOnlineDepositViaLinkaja #situsjudionline #judidepositpulsa #judipulsa #situsjudipulsa #Judipakaipulsa
    #JudiPokerOnlineDepositViaTcash #JudiPokerOnlineDepositViaDana

    ReplyDelete
  13. POKERVITA
    JUDI ONLINE TEXAS POKER
    Juga Taruhan Kartu Tradisional Sakong Online
    Bayar Pakai GoPay
    ========================================================================================================
    Anda Dapat Bermain Setiap Hari dan Selalu Menang Bersama Poker Vita
    Situs Situs Tersedia bebebagai jenis Permainan games online lain
    ---------------------------------------------------------------------------------------------------------
    Kami Terima semua BANK Nasional dan Daerah, OVO&GOPAY Deposit dan Penarikan Dana. Untuk permasalahan apapun Anda selalu dapat menghubungi Tim Support kami, Kami online 24 jam/7 hari untuk menjawab pertanyaan Anda dan menangani masalah apapun.
    Whatsapp : 0812-222-2996

    ReplyDelete
  14. Permainan Sabung Ayam Online di Agen BOLAVITA , dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja , dan minimal betting hanya Rp 10.000 saja sudah bisa mainkan permainan Sabung Ayam

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7858560-tips-kirim-ayam-bangkok-via-kereta-atau-bus

    Produk Kami Judi Sabung Ayam Online S128, SV388 & KungfuChiken.

    https://www.sateayam.vip/
    https://m1.hj128.vip/
    Daftar Sabung Ayam sv388
    Daftar Sabung Ayam Online S128

    Agen Sabung Ayam Online Bolavita Banyak Bonus dan Promo Mari Bergabung :

    Promo Sabung Ayam Terbaru 8x Win Beruntun.
    Bolavita Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sabung Ayam Deposit Via Pulsa XL & TSEL 25rb.

    Promo Promo BOLAVITA

    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete
  15. PROMO UNTUK MEMBER BARU!

    Agen Judi Pulsa Terpercaya Di Indonesia, kondisi kantorcabang Judi Online menyimpan pulsa adalah serupa bos judi yang mengemukakan pementasan poker online pada masa ini sudah sangat sederhana degnan adanya pergelaran ini judi online deposit dengan pulsa akomodasi berkualitas bermain disebuah pementasan poker online yang pandai kita jumpai kala ini memang buah berpunca kian meningkatnya jaman dan teknologi masa ini didalam atraksi tagan online. Atas cuma menahan pulsa bagai modal endapan pementasan di poker via pulsa online, pemain sudah mencengkau aplusan yang banglas berpura-pura serta memboyong permainan.

    Bertingkah menahan pulsa didalam permainan judi online tentunya sebenarnya hendak makin menyederhanakan pegawai waktu kalian melakukan permainan jaminan online. Berdasarkan munculnya sedimen lewat pulsa alkisah anggota akan mahir dengan gampang berbobot bertingkah beserta berperan pemenang didalam sama tontonan poker. Atraksi poker online sedimen melalui pulsa tentunya hendak menggayuh sebagian nilai beraga yang boleh berwujud pulsa juga ataupun berbentuk uang absah didalam secorak tontonan poker online.

    BACA JUGA:

    poker deposit pulsa
    judi poker deposit pulsa
    main judi deposit pulsa


    Ayo daftar sekarang di ZeusBola

    ReplyDelete
  16. DEPOSIT BISA VIA PULSA XL!

    Kantor Cabang Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yang menyediakan jasa pelayanan bagi pembukaan akun permainan judi atau taruhan online untuk kamu di agen judi online yg berderajat International, sah dan terpercaya hanya di judi deposit pulsa.

    Juga Sebagai Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn industri Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemerintah Isle of Man bagi beroperasi sbg juru taruhan latihan jasmani sedunia.


    https://bolazeus.site/2018/12/31/situs-agen-taruhan-online-deposit-via-pulsa-25rb/
    https://bolazeus.site/2018/12/30/agen-betting-online-deposit-via-pulsa-telkomsel/
    https://bolazeus.site/2018/12/29/situs-agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya/
    https://bolazeus.site/2018/12/28/agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya-di-asia/

    bonus deposit s128

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    livechat zeusbola
    https://zeus77.org

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

    ReplyDelete
  17. MUSEUMAYAM - AGEN SABUNG AYAM S128, SV388, SLOT ONLINE, CASINO ONLINE DAN POKER ONLINE
    Taruhan Sabung ayam terbesar dengan server terbesar S128 dan Club388
    Nikmati taruhan terbaik secara live dan pasang taruhan anda bersama MuseumAyam

    ==> SABUNG AYAM [ S128 - SV388 ]
    ==> SPORTSBOOK [ SBOBET - MAXBET ]
    ==> KASINO [ SEXY - SBOBET - GD88 - CBO855 - WM ]
    ==> SLOT [ PRAGMATIC - SPADEGAMING - HABANERO - JDB SLOT - JOKER123 ]
    ==> POKER [ POKER - DOMINO QQ - CEME ]
    ==> TOGEL [ SGP - HONGKONG - SYDNEY - MACAU ]
    ==> BOLA TANGKAS [ TANGKASNET - 88TANGKAS ]
    ==> TEMBAK IKAN [ JOKER123 ]

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa Tanpa Potongan
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    PROMO TARUHAN SABUNG AYAM TERBARU !
    * BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
    * BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%
    NB : Peraturan Dan Syarat Bonus Dapat Berubah Sewaktu-Waktu Tanpa Pemberitahuan Terlebih Dahulu. Mohon Selalu Untuk Melihat Halaman Promo Kami.

    Contact Resmi MuseumAyam --> https://linktr.ee/museumgame
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    ReplyDelete
  18. Pasang Taruhan Online Melalui Agen Judi Terpercaya Indonesia Agens128, Proses Cepat, Banyak Bonus, Online 24 Jam dan Pasti Bayar!
    Sabung ayam
    daftar bisa langsung ke:
    LINE : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    ReplyDelete
  19. ZeusBola - Situs Judi Online Terpercaya
    Tersedia Semua Game Disini
    Menerima Deposit via Pulsa
    Dan Bisa Daftar Dengan Akun E-money
    Pendaftaran : http://zeusbola.pro

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Agen Judi Online Depo Pulsa Tanpa Potongan

    ReplyDelete
  20. Nonton Film BOKEP Lengkap Nya Klik disini ↓↓↓↓↓↓

    VIDEO BOKEP
    BOKEP INDONESIA VIRAL 2020
    BOKEP BARAT TERBARU
    BOKEP ASIAN TERLENGKAP
    BOKEP JEPANG 2020 TERBAIK
    FILM BOKEP TERLENGKAP DAN TERUPDATE


    -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

    Nonton Film FULL SUBTITLE INDONESIA, Download Film Sub Indonesia, Film INDOXXI, Dan Drama Korea Terupdate Nya Klik disini ↓↓↓↓↓↓



    LK21
    STUDIOFILM21
    DRAKOR TERLENGKAP
    INDOXXI
    BIOSKOP KEREN
    FILMAPIK
    INDOXX1
    ANIME TERUPDATE

    ReplyDelete
  21. Kami hadir untuk kalian semua yang ingin bermain game online 1 USER ID bisa bermain di banyak game yang kami sediakan dan juga sangat mudah di akses, dan tidak perlu untuk memindahkan coin jika mau bermain di game lainnya

    WA : 081377055002

    ReplyDelete
  22. SITUS JUDI ONLINE TERPOPULER 2021
    👑 www,MBO128,club 👑
    Menyediakan 20 vendor SLOT GAME, 4 vendor BOLA , 11 vendor LIVE CASINO, IDN POKER, TEMBAK IKAN, TOGEL , SABUNG AYAM dan TANGKAS.
    Dengan minimal deposit 10.000 saja ♥
    Kami melayani deposit melalui SEMUA BANK , GOPAY , OVO, DANA , JENIUS, PULSA dan LINKAJA.
    Mari bergabung bersama kami dan nikmati kelebihan mbo128 , seperti :EVENT FREE SPINE SEMUA PROFIDERBONUS TANPA BATAS SETIAP MINGGU!!LAYANAN CS ONLINE 24JAM ( proses depo&wd lancar)
    Untuk mendaftar bisa langsung menghubungi kami di ,
    WhatsApp 085222555128
    LINE ID : agens1288
    TELEGRAM : AgenS128 /  085222555128

    ReplyDelete
  23. SITUS JUDI ONLINE TERPOPULER 2021
    �� www,MBO128,club ��
    Menyediakan 20 vendor SLOT GAME, 4 vendor BOLA , 11 vendor LIVE CASINO, IDN POKER, TEMBAK IKAN, TOGEL , SABUNG AYAM dan TANGKAS.
    Dengan minimal deposit 10.000 saja ♥
    Kami melayani deposit melalui SEMUA BANK , GOPAY , OVO, DANA , JENIUS, PULSA dan LINKAJA.
    Mari bergabung bersama kami dan nikmati kelebihan mbo128 , seperti :EVENT FREE SPINE SEMUA PROFIDERBONUS TANPA BATAS SETIAP MINGGU!!LAYANAN CS ONLINE 24JAM ( proses depo&wd lancar)
    Untuk mendaftar bisa langsung menghubungi kami di ,
    WhatsApp 085222555128
    LINE ID : agens1288
    TELEGRAM : AgenS128 /  085222555128

    ReplyDelete
  24. 3 Genie Wishes meningkatkan pengalaman bermain Anda dengan 5 gulungan dan 50 paylines yang mengejutkan. Sebelum Anda mulai membuat keinginan Anda, yang harus Anda lakukan adalah mengatur taruhan Anda dalam kisaran £0,01 hingga £0,50. Review Slot 3 Genie Wishes Dari Pragmatic Play

    ReplyDelete
  25. SITUS CLUB388 SLOT, CASINO & SABUNG AYAM 2021 TERPERCAYA DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!!

    Link Club388 Slot Pulsa Tanpa Potongan ini memiliki promo bonus slot pulsa dengan mudah melakukan topup pulsa sudah bisa dapat bermain berbagai permainan Slot, Sabung ayam, Casino, Poker dan banyak permainan lain nya untuk di mainkan nihh ..

    Bergabung Game Slot Pulsa Terpercaya dengan depo pulsa tanpa potongan maka bergabung yuk sama kita di link yang ada di bagian bawah ya guys
    minimal deposit pulsa 10rb sudah dapat bermain club388 slot pulsa,
    Bisa menggunakan deposit menggunakan e-money seperti : OVO/DANA/Gopay dan LinkAja
    menyediakkan Deposit Pulsa XL, AXIS, TELKOMSEL Tanpa potongan.
    Minimal Dp 10Ribu
    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Yuk Buruan Gabung Sekarang Di Club388Cash Situs Slot Online Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Menang loh..

    DAFTAR BONUS CLAIM SLOT/SEXY BACCARAT/SABUNG AYAM
    - Bonus New Member 10%
    - Bonus Harian 5%

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    CLAIM LINK CLUB388 SLOT PULSA TANPA POTONGAN

    Minimal DEPOSIT Rp.10.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    Link Slot Gacor : Tips Slot Gampang Menang

    Link Sexy Gaming : Tips Sexy Baccarat Mudah Menang

    Link Sabung Ayam : Link Alternatif Sabung Ayam

    Kontak yang aktif dengan pelayanan yang ramah dan cepat respown :
    WhatsApp : 081910053031

    ReplyDelete
  26. Dapatkan bonus 8x win berturut2 bos harus taruh menang sebanyak 8x berturut tanpa ada DRAW, FTD dan LOSE dan tidak boleh taruh di pertandingan yang sama lebih dari 1x

    Info Pendaftaran Segera hubungi CS kami di :
    WA : +62812-2222-995


    Situs Daftar Judi Online Terpercaya Di Indonesia
    Link Pendaftaran » bit.ly/daftarbvgaming


    Link Login BvGaming Terbaru » bit.ly/loginbvgaming

    ReplyDelete
  27. ZEUSBOLA adalah Situs Judi Online Terlengkap dan Memiliki Ribuan Permainan
    Slot Online dan Games Online Lain nya, Hanya dengan Menggunakan 1 User ID, Anda bisa Bermain Ribuan Permainan yang Tersediah, Dengan Bonus Promosi Terbesar dan Event Hadiah Terbesar.

    AGEN TOGEL & SLOT TERBAIK & TERPERCAYA DENGAN PERMAIANAN LENGKAP :
    ▶️TOGEL
    ▶️LIVE GAME
    ▶️LIVE CASINO
    ▶️TEMBAK IKAN
    ▶️DINGDONG
    ▶️SPORTBOOKS
    ▶️SABUNG AYAM
    ▶️BOLA TANGKAS
    ▶️TEMBAK IKAN
    ▶️SLOT PROVIDER TERBAIK

    �� TERSEDIA DEPOSIT BANK, OVO, GOPAY, DANA, LINKAJA ,PULSA (TSEL,XL,AXIS) TAMPA POTONGAN!

    dengan minimal deposit 25 rb
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607
    ☎️ Link Whatsapp : zeusbo.la/whatsapp

    Daftarkan diri Anda zeusbola19.com/registerv

    ReplyDelete
  28. Hai, buat kamu yang sedang mencari prediksi togel pasti jitu
    Silahkan kunjungi website kami di Prediksi Togel Akurat SGP Tanggal 29 Juli 2021
    Terima kasih!

    Silahkan kunjungi website kami di Prediksi Togel Akurat HK Tanggal 29 Juli 2021 Terima kasih!

    ReplyDelete
  29. Slot Online Ovo merupakan slot online yang bisa melakukan pendaftaran menggunakan slot ovo dapat di claim bonus slot deposit ovo claim bonus slot online terbesar seindonesia

    Permainan yang sangat di minati saat ini
    *GAME ON'FIRE: ION CASINO | ION SLOT | 9GAMING | BALAP PLAY | PRAGMATIC PLAY | SLOT88 | LIVE22 | GIOCO PLUS

    Memiliki permainan slot online ovo terlengkap
    Daftar slot ovo dengan 1 user id sudah bisa bermain ke semua permainan Slot Online. Dapatkan Bonus Terbesar Menarik Lainnya..

    Pendaftaran Slot Online Ovo Aman dan Terpercaya
    Slot ovo
    Slot online ovo

    Kontak yang aktif saat ini
    Whatsapp :
    +6281321524689

    ReplyDelete
  30. “PROMO MERDEKA ! BONUS SPESIAL DEPOSIT E-MONEY”

    Ikuti event special dari BOLAVITA dalam rangka 17 Agustus 2021 untuk permainan VIVO SLOT & JOKER SLOT dengan E-MONEY.

    Bonus Special ini khusus untuk Anda yang sering deposit menggunakan E-MONEY seperti OVO, LINKAJA, DANA, JENIUS ataupun GOPAY.

    Tentunya untuk Anda semua bakalan dapat bonus ini ya, dengan syarat dan ketentuan berlaku :
    ♥ BONUS 10% untuk member setia BOLAVITA yang melakukan deposit melalui E-MONEY (OVO, DANA, GOPAY, LINKAJA)
    ♥ BONUS 20% untuk MEMBER BARU dengan deposit pertama kali dengan E-MONEY.
    ♥ Hanya berlaku untuk semua permainan VIVO SLOT dan JOKER SLOT di BOLAVITA
    ♥ Minimal deposit hanya Rp 50.000,-

    Untuk info lanjut, yukkk tanya2 ke customer service BOLAVITA yaa..

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +62812-2222-995
    ✔ INSTAGRAM : @bola.vita
    ✔ FACEBOOK : @bolavita.ofc
    ✔ TWITTER : @BVgaming_net
    ✔ LINE : @CS_bolavita

    KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

    CUSTOMER SERVICE 24 JAM NON STOP , semua permainan pure FAIRPLAY !!

    #bolavita #bvgaming #jokerslot #vivoslot #e-money #kemerdekaan #merdeka #Bonus76 #promobonus76 #deposit #bonusdeposit #17Agustus2021 #ovo #dana #Linkaja #jenius #gopay #event #promobonusmenarik #situsbolavita #bandarbolavita


    ReplyDelete
  31. Hogaming 0.2% Bonus Rollingan

    Syarat dan ketentuan

    - 0,2% Bonus Rollingan / Rebate
    - Minimal Turn Over Rp 25.000.000
    - Minimal Bonus Rollingan / Rebate Rp 50.000
    - Maksimal Bonus Rollingan / Rebate Rp 5.000.000
    - Hadiah akan dikreditkan secara otomatis pada hari Senin depan pukul 18:00 WIB

    EKSLUSIF PROMO LOHH GENGSSS

    SEGERA DAFTAR DAN DAPATKAN JACKPOT MU DI ZEUSBOLA

    Whatsapp : +62 822-7710-4607(ZEUSBOLA)


    #PROMOTERBARU #PROMO EKSLUSIF #BIGHOTBONUS #ROLLINGAN #NEWMEMBER #EXTRABONUS #SABUNGAYAM #TOTO #DEPOSITPULSA #SLOTONLINE

    ReplyDelete