Sunday, December 4, 2011

Sepakbola Melawan Lupa

Oleh Darmanto Simaepa

Tendangan karate Boban ke dada polisi Serbia di Zagreb dalam kejuaraan nasional Yugoslavia Mei 1990 adalah simbol keterkaitan antara sepakbola, sejarah dan politik yang diingat publik. Peristiwa itu menjadi mitos bangkitnya nasionalisme Kroasia. Ia menjadi penanda perlawanan Kroasia atas dominasi orang Serbia. Untuk mengenang peristiwa tersebut, stadion milik Dynamo Zagreb mendirikan patung prajurit dan menulis dibawah patung itu: ‘kepada fans klub, yang memulai perang dengan Serbia di lapangan ini’.

Simon Kuper membantah mitos itu. Dalam esainya, Political Football: Zvonimir Boban (2004), ia mengatakan, para politisilah yang menciptakan perang Balkan. Sepakbola, meskipun sangat penting di semenanjung Eropa timur itu, tidak bisa menghancurkan apa yang telah diusahakan Joseph Tito selama dua dekade. Bersepakat dengan Kuper, saya tidak percaya satu tendangan pemain sepakbola kepada polisi akan menyulut perang suatu negara. Namun kenapa peristiwa itu berhasil menjadi mitos dan dikenang? Disinilah letak teka-teki psikososial sepakbola.

Sepakbola, konon, bisa menjadi alegori sejarah sosial masyarakat yang membentuk dan dibentuknya. Rivalitas Pele dan Maradona adalah alegori kompetisi Brazil dan Argentina dalam kehidupan politik regional di Amerika Selatan. Dendam berkarat Belanda-Jerman adalah warisan perang dunia ke-dua dan sentimen anti-semitisme yang telah mengurat antara keduanya. Kenapa melawan Malaysia menjadi lebih politis dibanding Timor Leste, misalnya, adalah cerminan dari sejarah sosial orang Indonesia yang ‘merasa’ selalu dikalahkan oleh tetangganya.

Manusia yang fana tidak sanggup mencatat setiap kelimun fakta. Setiap serpihan peristiwa yang berenang di sungai waktu akan tertapis oleh pengalaman dan menjadi sedimentasi ingatan. Selama bertahun-tahun, sedimen itu dibentuk dan dibentuk ulang oleh hempasan arus antara dinding publik dan personal. Peristiwanya sendiri lenyap dan yang tertinggal adalah endapan yang berisi sejumlah ingatan. Kita menyebutnya dengan sejarah.

Sejarah yang diingat Boban dan rakyat Kroasia dari karir sepakbolanya sangat berbeda. Bagi Boban sendiri, meskipun ia mencitrakan dirinya sebagai nasionalis romantis dan dikenang sebagai pahlawan Kroasia, momen Zagreb bukanlah yang paling diingat dalam karir sepakbolanya. Satu-satunya yang akan terus ia ingat adalah kesalahan umpannya yang dimanfaatkan Djorkaef untuk memberi umpan sehingga Lilian Thuram mencetak gol di semifinal piala Dunia 1998.

Kroasia tidak butuh satu dekade untuk membuat Boban menjadi mitos nasional, begitu filsuf- sejarah Zarko Puhovski mengatakan. Bagi publik sepakbola, ingatan kemenangan atau simbolisasi terhadap tendangan kepada orang Serbia jauh lebih penting dari kepedihan hati Boban yang membuat kesalahan kecil namun fatal itu. Sepakbola mampu menjadi representasi dari rumitnya kehidupan. Sepakbola dan Boban bertemu di Zagreb, dan keduanya menjadi wakil dari gema Kroasia yang menginginkan merdeka.

Apa yang menarik dari kisah Boban adalah apa yang dialami oleh pemain berbeda dengan apa yang diterima publik. Peristiwa/pertandingan yang dijalani oleh Boban tidak seperti yang ia inginkan. Permainan telah menjadi publik dalam batas terjauhnya. Ia tidak lagi menjadi milik Boban dan 21 orang lain yang bertarung selama 90 menit dilapangan. Tidak juga para pelatih atau pemain cadangan. Peristiwa itu menjadi milik sejarah. Laporannya akan ditulis dikoran atau disiarkan televisi. Pertandingan itu menjadi milik publik. Ia disimpan dalam ingatan bersama.

Sejarah sepakbola yang penting adalah peristiwa sosial-politik yang penting. Itulah barangkali, jauh lebih mudah bagi para pemain untuk melupakan kekalahan dari penonton itu sendiri. Usai pertandingan, Andik Vermansyah atau Bambang Pamungkas akan mandi, berganti kostum, pulang, menerima bonus (mungkin yang lebih kecil), bertemu anak istri. Mungkin beberapa saat mereka sulit tidur, membutuhkan alkohol, atau tenggelam dalam kemurungan. Ada waktu-waktu mereka menghindari wawancara. Kadang menimbulkan suasana hening atau kemarahan di kamar ganti. Namun sepekan kemudian, mereka berlatih untuk menyiapkan pertandingan berikutnya.

Bagi penonton, semuanya menjadi lebih sulit. Perjuangan melawan kekalahan adalah perjuangan melawan lupa. Kekalahan akan tinggal di kepala selama berhari-hari—bahkan mungkin bertahun-tahun, mengendap dalam tumpukan ingatan yang sewaktu-waktu muncul kembali tanpa permisi. Setiap peristiwa itu dilaporkan atau dibicarakan, waktu seakan mendayung ke arah hulu sungai, mencari sumber-sumber penderitaan yang dialami. Kegagalan Sinaga seperti menghantarkan kita kepada kaki kiri Rony Wabia, dan ketidakmujuran Gunawan seperti teka-teki emosi Uston Nawawi.

Ingatan terhadap sepakbola adalah alegori sejarah sosial. Kepedihan rakyat Prancis adalah ketidakmauan Platini dan rakyat Prancis memaafkan Ginola yang berlama-lama memainkan bola sehingga Yordan Lechkov mencurinya dan membuat Emil Kostadinov-lah yang membawa Bulgaria pergi ke Amerika. Kemarahan orang Inggris diwakili dari ingatan tentang Steve McLaren sebagai ‘pria dungu yang murung dibawah payung’. Atau serangkaian blunder Robinson, Seaman dan Carrson. Ingatan tentang piala dunia 1978 adalah ingatan tentang rezim militer Amerika Selatan. Kita bisa menambahkan nasib Dida yang berkulit hitam sebagai kelanjutan nasib pedih Moacir Barbosa di Brazil.

*******

Setiap peristiwa sepakbola yang terjadi akan diseleksi. Beberapa dimunculkan berulang-ulang. Sebagian lagi berusaha dilupakan. Sebagian mengendap menjadi memori. Ingatan tentang sepakbola bisa menjadi kejam atau bisa menjadi menyenangkan tergantung dari bagaimana sejarah dimaknai dan dihayati.

Di Indonesia, ingatan terhadap sejarah sepakbola diwarnai paradoks dan ambivalensi. Di republik ini, gairah terhadap sepakbola nyaris seperti birahi. Orang-orang rela membeli tiket calo yang tiga harganya kali lipat lebih mahal dari aslinya. Pemain sepakbola dipuja lebih dari nabi-nabi dalam agama. Orang-orang bisa mengamuk, merusak pagar, dan membakar stadion ketika harapan tidak menjadi kenyataan. Sebaliknya, jutaan rakyat bisa merasa sebagai bangsa karena sepakbola. Anak-anak yang malas menyanyikan lagu kebangsaan di kelas tiba-tiba hapal diluar kepala dan menyerukannya di stadion dengan semangat menyala. Tidak ada olahraga yang membuat jutaan negeri menjadi nyaris menukar apapun yang ia punya demi melihat timnas sepakbola menang.

Paradoksnya: ingatan tentang sejarah (prestasi) sepakbola berlawanan arus dengan gairah publiknya. Saya tidak tahu persis itu mengapa, tapi punya cerita tentangnya. Setiap akan bertanding, dalam final atau pergi menuju lawatan, selalu ada pesan bahwa timnas yang ‘sekarang’ harus seperti timnas ‘dulu’. Baik dalam prestasi, mentalitas, maupun sikap yang diambil oleh para pemainnya. Ada semacam pola dimana setiap membicarakan sepakbola level negara di pertandingan resmi—AFF Cup, Kualifikasi piala Dunia, SEA Games—selalu memiliki ciri wacana temporal: ‘dulu’, ‘waktu itu’, ‘pada saat’, dan ‘sekarang’.

Saya tidak tahu siapa yang memproduksi wacana tentang kegemilangan masa lampau. Mungkin tidak penting pertanyaan tentang siapa—saya tidak peduli apakah dia media massa, petinggi PSSI, mantan pemain, sejarawan sepakbola, atau politisi yang menarik keuntungan dari permainan waktu ini. Saya tertarik dengan pertanyaan mengapa dan bagaimana? Seakan-akan ada proyeksi, masa lalu adalah titik berangkat yang otentik bagi keberhasilan di masa datang. Titik-titik pencapaian tertinggi ada di masa lalu diacu sebagai tumpuan untuk mendapatkan hasil gemilang.

Tapi apa yang dimaksud dengan ‘dulu’? Apa yang dimaksud dengan standar kesuksesan? Dari mana kita mulai membandingkan satu periode lebih sukses dari periode lainnya? Dari sejarah, kita semua tahu: sejarah sepakbola Indonesia adalah timbunan kegagalan. Berapa emas yang bisa kita raih? Dilevel mana kita pernah bermain? Saya rela bersitegang urat leher dengan para nasionalis dan optimis yang mengatakan bahwa di masa lalu, sepakbola Indonesia telah memberi sesuatu yang membanggakan.

Meskipun berisi timbunan kegagalan, setiap kali membaca berita, kita selalu diberi ingatan tentang masa-masa silam yang gemilang. Media menyebut kemampuan menahan Soviet di Olimpiade 1956, maju ke perempat final piala Asia, atau menahan Korea di kandangnya.
Barangkali sebagaian orang yang positivistik akan mengatakan Jepang ditahun 1970-an belajar dari kompetisi republik ini. Dulu di negeri ini ada nama-nama besar yang datang dan bersimpati: Ivan Toplak, Coerver, Tord Grip. Roger Milla, Kempes datang kemari karena sepakbola.

Sejarah sepakbola Indonesia bagi saya, pada akhirnya adalah serangkaian rasa frustasi demi frustasi. Puncak keberhasilan yang melegakan negeri ini adalah turnamen eksebishi seperti Piala Kemerdekaan, Merdeka Cup di Malaysia, atau dalam level klub kompetisi semacam Aga Khan. Yang paling diingat adalah dua medali emas SEA Games yang hanya diikuti oleh 8 tim.

Saya merasa ada semacam ideologi ratapan yang bekerja dalam ingatan tentang sejarah sepakbola. Orang Indonesia sudah tidak tahan menanggung kegagalan. Karena tidak sanggup hidup dalam sederetan kepecundangan, ideologi ini menyaring fakta-fakta yang memedihkan, menapis kekalahan-kekalahan memalukan, dan mengglorifikasi kejayaan.

Kita suka membanding-bandingkan. Tentu saja perbandingan bukanlah hal yang buruk. Kadang anda mendapatkan inspirasi dari sejarah. Kadang ambisi dibangkitkan dari sentuhan terhadap ingatan. Jerman adalah contoh yang baik tentang ini. Apa yang disebut sebagai ‘mentalitas Jerman’ adalah warisan dari sejarah. Sebaliknya, Inggris adalah contoh yang buruk. Paul Scholes mengeluh, tekanan dari publik datang saat setiap tim yang berjuang selalu dibandingkan dengan skuad 1966. Tekanan ini menyebabkan para pemain berbakat di Inggris—Gazza, Rooney, Wilshere—memiliki masalah mentalitas sebelum bertanding. Setiap bertanding,

Masalah terbesarnya adalah menyeleksi apa yang pantas dibandingkan, apa yang pantas dilupakan dan apa yang pantas dihiraukan. Kita tidak cukup adil untuk melihat setiap cacat-cacat sejarah yang jauh lebih banyak dituliskan oleh para pemain Indonesia—dimasa lalu maupun sekarang. Dengan permainan waktu—masa dulu dan masa sekarang—seakan-akan apa yang terjadi di masa lalu adalah sehimpunan kristal.

Saya hampir tidak pernah mendengar Rony Pattinasarani mengatakan secara jujur apa kesalahan yang dilakukannya. Betul barangkali dia adalah Der Kaizer-nya Indonesia—saya tidak pernah melihatnya bermain langsung. Namun, ia membuat dua kesalahan elementer dan fatal yang membuat Indonesia dua kali gagal meraih emas di SEA Games. Lalu kita hanya mengingat Maman seakan-akan dia orang yang paling berdosa terhadap sepakbola negeri ini. Fachri Husaini melakukan tindakan indisipliner jauh lebih buruk dari apa yang dilakukan Boaz atau Tibo. Rully Nere juga. Bahkan, publik hampir tidak pernah diingatkan tentang sepakbola gajah ala Persebaya tahun 1987, yang kemudian bertransformasi sebelas tahun kemudian secara lebih menjijikkan di Tiger Cup 1998.

Bahkan, sebelum menyeleksi memori itu, saya rasa pemain timnas dan publik sepakbola tidak banyak memiliki ingatan terhadap sejarah sepakbola negerinya sendiri. Saya membaca 3 edisi terakhir FourFourTwo edisi Indonesia. Di lembaran khusus sepakbola nasional, majalah ini mewawancarai beberapa pemain muda. Tidak satupun pemain yang tampil di majalah ini tahu apa yang telah dilakukan Aji Santoso, Widodo, atau Rahmad di tahun 1990an.

Orang bijak akan mengatakan, untuk meraih emas sepakbola, seorang pemain tidak harus membaca buku, membuka kliping, atau mengerti riwayat sepakbola. Itu bisa jadi benar. Tapi ketidak tahuan terhadap silsilah sepakbola menggambarkan bagaimana sejarah dihayati dan ingatan bekerja di republik ini.

Saya tidak percaya ada upaya yang disengaja untuk menglorifikasi masa lalu dan menyeleksi kepecundangan. Ini menjadi alegori sejarah sosial kita. Para ahli sejarah selalu mengatakan, sejarah Indonesia berada dalam ketegangan kontinyuitas dan diskontinyuitas. Dan itu juga yang berlaku untuk sepakbola. Kita tidak memiliki tradisi untuk mengingat kerja keras dan peristiwa yang telah kita lalui. Kegagalan dan keberhasilan di SEA Games, barulah terjadi kurang dari satu generasi. Jadi, ketika seseorang pemain penting yang terseleksi melupakannya, menunjukkan seberapa pendek ingatan kita terhadap kabut peristiwa.

Ingatan sepakbola kita berada di tubir ambivalensi: berusaha melupakan kekalahan tapi dengan cara menjadikan masa lalu menjadi kristal harapan. Gejala ini bukanlah berdiri sendiri. Kita melihat masa lalu sering dengan rasa takjub dan puas diri. Dan karenanya tidak pernah membumi. Seperti para pahlawan nasionalnya, para pemain sepakbola Indonesia di masa lalu ditulis seolah-olah seperti orang suci. Setiap kekalahan atau keburukan moral para pahalawan itu akan diberi tempat untuk dimaklumi.

Indonesia lebih sering kalah dengan buruk, tapi yang lebih buruk lagi, ingatan tentang kekalahan itu ditapis dari skenario dan ditempatkan diluar sejarah.

*******

Saya teringat kekalahan Jerman atas Kroasia 1998 dan kegagalan mereka di piala Eropa dua tahun setelahnya. Kepecundangan mereka di dua turnamen itu menampar publik. Peristiwa itu menyulut tuntutan warga Jerman untuk memperbaharui pembinaan, sistem kompetisi dan terutama filosofi bermain Jerman. DFB (Deutsch FussBall Bund) menginvestasikan 132 juta euro untuk menemukan talenta yang sekarang mewujud dalam diri Muller, Oezil, Kross, dan Neuer.

Jerman merevolusi sistem pelatihan. Pemerintah membantu pendanaan yang berlimpah untuk sekolah-sekolah yang memiliki talenta sepakbola. Klub-klub bekerjasama denan negara bagian untuk membangun kamp pelatihan. Perusahaan-perusahaan besar menopang sebagian pendanaan. Yang terpenting, kekalahan itu memberikan kesadaran nasional bahwa: kemenangan selalu butuh waktu. Kita telah sendiri melihat evolusi Jerman. Rata-rata pemain nasionalnya paling muda. Kursi-kursi stadion selalu terisi penonton semuanya. Kompetisi di liga domestik berjalan dinamis dengan bergilirnya juara.

Mungkin tidak adil membandingkan Indonesia dengan Jerman. Benar, sejarah sosial berbeda dan tingkat kecukupan ekonomi berbeda. Namun dari pengalaman Jerman kita bisa belajar bagamana bereaksi terhadap keterpurukan. Yang menjadi tantangan adalah bagaimana menangani ingatan kekalahan dan mentransformasikannya. Ingatan yang buruk tentang sejarah sepakbola menyebabkan prestasi timnas kita tidak pernah kemana-mana. Kita tidak pernah bisa menangani ingatan dan kegagalan lalu mentransformasikannya menjadi harapan dan realita.

Apa yang terjadi dengan kisruh LPI dan ISL hari-hari ini adalah puncak gunung es dari sepakbola negeri ini yang gampang lupa. Semua petinggi PSSI bicara seperti apa yang diucapkan oleh loyalis rejim Nurdin Halid setahun sebelumnya. Perang kata-kata hanya menjadi tanda dari kebebalan belaka. Dalam sepakbola, kita memang sejenis keledai. Setelah kegagalan di AFF dan di SEA games selama dua dekade, kita tidak melakukan apa-apa! Setiap SEA Games datang atau kualifikasi piala dunia dimulai, antusiasme itu datang dari penjuru negeri. Dan setelahnya dipadamkan oleh kekalahan demi kekalahan. Konflik-konflik. Dan perebutan kekuasaan.

‘Cara terbaik menerima kekalahan,’ Boban pernah mengatakan tentang salah umpannya, ‘adalah dengan mengingatnya’. Kita mungkin melakukannya, tapi tidak pernah menanganinya. Dan karena itu, sepakbola kita tidak pernah bergerak ke mana-mana.

23 comments:

  1. Mantap Bung Darsim!!!

    ReplyDelete
  2. PROMO NEW MEMBER 20%

    Duta Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yg sediakan jasa pelayanan bagi awal akun permainan judi atau taruhan online untuk anda di peserta judi online yg bertingkat International, berlaku dan terpercaya hanya di ZeusBola.

    Sbg Agen Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn kongsi Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang pemimpin Isle of Man kepada beroperasi yang merupakan juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    https://agenzeus.net/panduan-cara-bermain-taruhan-sportbooks-handicap-hdp/
    https://agenzeus.net/tips-dan-trik-cara-bermain-permainan-gong-ball-live/
    https://agenzeus.net/tips-dan-trik-cara-bermain-permainan-12digit-di-live-casino/

    Ayo daftar sekarang di AgenZeus.net

    ReplyDelete
  3. Ingin Bermian Judi Online Namun Saldo Atm Kosong ?
    Tenang di Zeusbola Kamu Bisa Melakukan Deposit Dengan Pulsa
    Bukan Hanya Dengan Pulsa Saja, Anda Juga Dapat Deposit Menggunakan OVO
    Sangat Membantu Anda Bukan?
    Ayo Segera Daftarkan Diri Anda Dan Jangan Lupa Ajak Teman Anda !!
    Kami Tunggu Kedatangannya yaaa
    Zeusbola Juga Siap Melayani Anda 24 JAM NONSTOP !!

    Hubungi Kami :
    Whats up : 081333552228

    DAFTAR JUDI ONLINE TERPERCAYA

    ZEUSBOLA

    http://bolazeus.com/

    ReplyDelete
  4. Bandar Sabung Ayam Online Terpercaya 2019

    Agen Judi Terpercaya Yang Bisa Melakukan Top Up Melalui Via All Bank Lokal Indonesia !!!

    Support Transaksi Bandar Judi Deposit Via OVO, Bandar Judi DEPOSIT VIA PULSA, Bandar Judi Deposit Via Gopay !!

    Zeusbola Selalu Memberikan Fasilitas Mewah & Mantap Untuk Para Penggemar Taruhan Online.

    Hanya Dengan Deposit Pulsa, Gopay & OVO Sudah Bisa Bermain Dan Meraih Keuntungan Yang Besar Jutaan Rupiah Hingga Sepeda Motor !!

    Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

    Whatsapp Zeusbola

    Link Alternatif ZEUSBOLA : https://zeus303.com/

    Bandar Judi Online Deposit Via OVO


    Bandar Judi Online Deposit Via Pulsa


    Bandar Judi Online Deposit Via Go Pay


    Kujungi Juga :

    https://medium.com/@shellynnita88/

    ReplyDelete
  5. DEPOSIT PULSA & OVO

    DewaZeus merupakan partner dari situs ZeusBola, yg merupakan mater master bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di Bolazeus.

    Sebagai Kantor Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn perseroan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh ketua Isle of Man guna beroperasi juga sebagai juru taruhan olahraga sedunia.

    https://dewazeus.site/tips-penting-memilih-agen-poker-online-deposit-via-pulsa-terpercaya/
    https://dewazeus.site/situs-poker-online-deposit-via-pulsa-termurah-hanya-25rb/
    login zeusbola

    Ayo join sekarang di dewazeus.site

    ReplyDelete
  6. PokerAyam adalah Sebuah Situs Permainan Poker Online Uang Asli Dimana Anda akan diberikan fasilitas menikmati 7 game dalam 1 akun. Semua permainan yang tersedia menggunakan uang asli yang bisa dilipat menjadi berlipat ganda. Proggressive jackpot hingga ratusan juta rupiah setiap harinya.

    Poker Deposit Pulsa 2019 | IDN Poker Deposit Pulsa | Deposit Via Pulsa | QQ Deposit Pulsa

    Untuk Minimal Deposit :: Rp 10.000,-
    Untuk Minimal Withdraw :: Rp 25.000,-

    Bonus Freechip Pokerayam :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan
    Situs Judi Poker Online Pulsa

    Hubungi Kami
    http://165.22.51.220
    Livechat : PokerAyam
    WA : 081222221680
    LINE : POKERAYAM

    ReplyDelete
  7. Bayar Pakai GoPay

    Anda Dapat Bermain Setiap Hari dan Selalu Menang Bersama Poker Vita
    Capsa Susun, Bandar Poker,QQ Online, Adu Q, dan Bandar Q

    Situs Situs Tersedia bebebagai jenis Permainan games online lain

    Sabung Ayam S1288, CF88, SV388, Sportsbook, Casino Online,
    Togel Online, Bola Tangkas Slots Games, Tembak Ikan, Casino

    Terima semua BANK Nasional dan Daerah, OVO GOPAY

    Whatsapp : 0812-222-2996

    POKERVITA

    ReplyDelete
  8. CemePoker - Bandar QiuQiu Online Deposit Pulsa
    Dengan Rate Tukar Pulsa Tertinggi
    Bisa Deposit via OVO Juga
    Dapatkan Bonus New Member Langsung
    Pendaftaran : http://cemepoker.info

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 081333552227

    DEPOSIT POKER ONLINE VIA OVO PAY

    ReplyDelete
  9. Bosan Kalah Melulu ?? Gabung Sekarang Di ZEUSBOLA

    ZEUSBOLA MENYEDIAKAN PERMAINAN TERLENGKAP

    SPORTBOOK | LIVE CASINO | SABUNG AYAM | SLOTS GAMES | TEMBAK IKAN | POKER ONLINE

    Dapatkan Fasilitas Dengan Berbagai Jenis Transaksi Terlengkap Di Zeusbola.cc Seperti :

    Judi Poker Online Deposit All Bank Lokal Indonesia
    Judi Poker Online Deposit Via Pulsa
    Judi Poker Online Deposit Via OVO
    Judi Poker Online Deposit Via GOPAY
    Judi Poker Online Deposit Via LINKAJA
    Judi Poker Online Deposit Via Tcash
    Judi Poker Online Deposit Via DANA
    Judi Poker Online Deposit Pulsa
    IDNPoker Online Deposit Pulsa


    Untuk Deposit Juga Bisa Melalui Indomaret, Alfamart, Mkios Ataupun Lainnya ya pak ^^

    Jika Penasaran Segera Langsung Kunjungi Zeusbola.cc & Kami Siap Membantu Anda Dalam Proses Pendaftaran hingga Deposit Menggunakan berbagai Jenis Transaksi yang tersedia Di http://zeusbola.cc/.

    Daftar Judi Kartu Idn Poker Online Terpercaya Di Indonesia
    Link Alternatif Daftar Poker :
    Ihttp://bit.ly/DaftarZeusbola

    Contact Person us :
    Live Chat Zeus Bola : http://bit.ly/LivechatZeusbola
    Whatsapp : http://wa.me/081333555996
    Telegram : http://t.me/081333555996


    #JudiPokerOnlineDepositViaPulsa #JudiPokerOnlineDepositViaOvo #JudiPokerOnlineDepositViaGopay #JudiPokerOnlineDepositViaLinkaja #situsjudionline #judidepositpulsa #judipulsa #situsjudipulsa #Judipakaipulsa
    #JudiPokerOnlineDepositViaTcash #JudiPokerOnlineDepositViaDana

    ReplyDelete
  10. Pasang Taruhan Online Melalui Agen Judi Terpercaya Indonesia Agens128, Proses Cepat, Banyak Bonus, Online 24 Jam dan Pasti Bayar!
    Sabung ayam
    daftar bisa langsung ke:
    LINE : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    ReplyDelete
  11. Kami hadir untuk kalian semua yang ingin bermain game online 1 USER ID bisa bermain di banyak game yang kami sediakan dan juga sangat mudah di akses, dan tidak perlu untuk memindahkan coin jika mau bermain di game lainnya

    WA : 081377055002

    ReplyDelete
  12. SITUS JUDI ONLINE TERPOPULER 2021
    πŸ‘‘ www,MBO128,club πŸ‘‘
    Menyediakan 20 vendor SLOT GAME, 4 vendor BOLA , 11 vendor LIVE CASINO, IDN POKER, TEMBAK IKAN, TOGEL , SABUNG AYAM dan TANGKAS.
    Dengan minimal deposit 10.000 saja ♥
    Kami melayani deposit melalui SEMUA BANK , GOPAY , OVO, DANA , JENIUS, PULSA dan LINKAJA.
    Mari bergabung bersama kami dan nikmati kelebihan mbo128 , seperti :EVENT FREE SPINE SEMUA PROFIDERBONUS TANPA BATAS SETIAP MINGGU!!LAYANAN CS ONLINE 24JAM ( proses depo&wd lancar)
    Untuk mendaftar bisa langsung menghubungi kami di ,
    WhatsApp 085222555128
    LINE ID : agens1288
    TELEGRAM : AgenS128 /  085222555128

    ReplyDelete
  13. SITUS JUDI ONLINE TERPOPULER 2021
    πŸ‘‘ www,MBO128,club πŸ‘‘
    Menyediakan 20 vendor SLOT GAME, 4 vendor BOLA , 11 vendor LIVE CASINO, IDN POKER, TEMBAK IKAN, TOGEL , SABUNG AYAM dan TANGKAS.
    Dengan minimal deposit 10.000 saja ♥
    Kami melayani deposit melalui SEMUA BANK , GOPAY , OVO, DANA , JENIUS, PULSA dan LINKAJA.
    Mari bergabung bersama kami dan nikmati kelebihan mbo128 , seperti :EVENT FREE SPINE SEMUA PROFIDERBONUS TANPA BATAS SETIAP MINGGU!!LAYANAN CS ONLINE 24JAM ( proses depo&wd lancar)
    Untuk mendaftar bisa langsung menghubungi kami di ,
    WhatsApp 085222555128
    LINE ID : agens1288
    TELEGRAM : AgenS128 /  085222555128

    ReplyDelete
  14. SITUS CLUB388 SLOT, CASINO & SABUNG AYAM 2021 TERPERCAYA DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!!

    Link Club388 Slot Pulsa Tanpa Potongan ini memiliki promo bonus slot pulsa dengan mudah melakukan topup pulsa sudah bisa dapat bermain berbagai permainan Slot, Sabung ayam, Casino, Poker dan banyak permainan lain nya untuk di mainkan nihh ..

    Bergabung Game Slot Pulsa Terpercaya dengan depo pulsa tanpa potongan maka bergabung yuk sama kita di link yang ada di bagian bawah ya guys
    minimal deposit pulsa 10rb sudah dapat bermain club388 slot pulsa,
    Bisa menggunakan deposit menggunakan e-money seperti : OVO/DANA/Gopay dan LinkAja
    menyediakkan Deposit Pulsa XL, AXIS, TELKOMSEL Tanpa potongan.
    Minimal Dp 10Ribu
    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Yuk Buruan Gabung Sekarang Di Club388Cash Situs Slot Online Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Menang loh..

    DAFTAR BONUS CLAIM SLOT/SEXY BACCARAT/SABUNG AYAM
    - Bonus New Member 10%
    - Bonus Harian 5%

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    CLAIM BONUS LINK CLUB388 SLOT PULSA TANPA POTONGAN

    Minimal DEPOSIT Rp.10.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    Link Slot Gacor : Tips Slot Gampang Menang

    Link Sexy Gaming : Tips Sexy Baccarat Mudah Menang

    Link Sabung Ayam : Link Alternatif Sabung Ayam

    Kontak yang aktif dengan pelayanan yang ramah dan cepat respown :
    WhatsApp : 081910053031

    ReplyDelete
  15. Dapatkan bonus 8x win berturut2 bos harus taruh menang sebanyak 8x berturut tanpa ada DRAW, FTD dan LOSE dan tidak boleh taruh di pertandingan yang sama lebih dari 1x

    Info Pendaftaran Segera hubungi CS kami di :
    WA : +62812-2222-995


    Situs Daftar Judi Online Terpercaya Di Indonesia
    Link Pendaftaran » bit.ly/daftarbvgaming


    Link Login BvGaming Terbaru » bit.ly/loginbvgaming

    ReplyDelete
  16. ZEUSBOLA adalah Situs Judi Online Terlengkap dan Memiliki Ribuan Permainan
    Slot Online dan Games Online Lain nya, Hanya dengan Menggunakan 1 User ID, Anda bisa Bermain Ribuan Permainan yang Tersediah, Dengan Bonus Promosi Terbesar dan Event Hadiah Terbesar.

    AGEN TOGEL & SLOT TERBAIK & TERPERCAYA DENGAN PERMAIANAN LENGKAP :
    ▶️TOGEL
    ▶️LIVE GAME
    ▶️LIVE CASINO
    ▶️TEMBAK IKAN
    ▶️DINGDONG
    ▶️SPORTBOOKS
    ▶️SABUNG AYAM
    ▶️BOLA TANGKAS
    ▶️TEMBAK IKAN
    ▶️SLOT PROVIDER TERBAIK

    �� TERSEDIA DEPOSIT BANK, OVO, GOPAY, DANA, LINKAJA ,PULSA (TSEL,XL,AXIS) TAMPA POTONGAN!

    dengan minimal deposit 25 rb
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607
    ☎️ Link Whatsapp : zeusbo.la/whatsapp

    Daftarkan diri Anda zeusbola19.com/registerv

    ReplyDelete
  17. “PROMO MERDEKA ! BONUS SPESIAL DEPOSIT E-MONEY”

    Ikuti event special dari BOLAVITA dalam rangka 17 Agustus 2021 untuk permainan VIVO SLOT & JOKER SLOT dengan E-MONEY.

    Bonus Special ini khusus untuk Anda yang sering deposit menggunakan E-MONEY seperti OVO, LINKAJA, DANA, JENIUS ataupun GOPAY.

    Tentunya untuk Anda semua bakalan dapat bonus ini ya, dengan syarat dan ketentuan berlaku :
    ♥ BONUS 10% untuk member setia BOLAVITA yang melakukan deposit melalui E-MONEY (OVO, DANA, GOPAY, LINKAJA)
    ♥ BONUS 20% untuk MEMBER BARU dengan deposit pertama kali dengan E-MONEY.
    ♥ Hanya berlaku untuk semua permainan VIVO SLOT dan JOKER SLOT di BOLAVITA
    ♥ Minimal deposit hanya Rp 50.000,-

    Untuk info lanjut, yukkk tanya2 ke customer service BOLAVITA yaa..

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +62812-2222-995
    ✔ INSTAGRAM : @bola.vita
    ✔ FACEBOOK : @bolavita.ofc
    ✔ TWITTER : @BVgaming_net
    ✔ LINE : @CS_bolavita

    KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

    CUSTOMER SERVICE 24 JAM NON STOP , semua permainan pure FAIRPLAY !!

    #bolavita #bvgaming #jokerslot #vivoslot #e-money #kemerdekaan #merdeka #Bonus76 #promobonus76 #deposit #bonusdeposit #17Agustus2021 #ovo #dana #Linkaja #jenius #gopay #event #promobonusmenarik #situsbolavita #bandarbolavita


    ReplyDelete
  18. Hogaming 0.2% Bonus Rollingan

    Syarat dan ketentuan

    - 0,2% Bonus Rollingan / Rebate
    - Minimal Turn Over Rp 25.000.000
    - Minimal Bonus Rollingan / Rebate Rp 50.000
    - Maksimal Bonus Rollingan / Rebate Rp 5.000.000
    - Hadiah akan dikreditkan secara otomatis pada hari Senin depan pukul 18:00 WIB

    EKSLUSIF PROMO LOHH GENGSSS

    SEGERA DAFTAR DAN DAPATKAN JACKPOT MU DI ZEUSBOLA

    Whatsapp : +62 822-7710-4607(ZEUSBOLA)


    #PROMOTERBARU #PROMO EKSLUSIF #BIGHOTBONUS #ROLLINGAN #NEWMEMBER #EXTRABONUS #SABUNGAYAM #TOTO #DEPOSITPULSA #SLOTONLINE

    ReplyDelete
  19. Sering kalah dalam bermain Slot?
    Atau
    Tidak pernah Menang Sama sekali di agent lama anda??

    Jangan Kecewa kawan
    Mari join bersama kami

    Dapatkan ragam permainan Slot terlengkap
    Serta Bonus Menarik setiap harinya

    7 Piggies adalah slot online formasi 5×3 dengan 7 payline, satu untuk setiap simbol. Tingkat volatilitas ditetapkan sebagai tinggi, dan pengembalian ke pemain ditetapkan pada 95.99%.

    Silahkan kunjungi Review Game Slot Terbaru dan slalu update hanya di Demoslot

    KLIK >>> REVIEW DEMO SLOT ONLINE

    KLIK >>> FACEBOOK DEMO SLOT ONLINE

    KLIK >>> TWITTER DEMO SLOT ONLINE

    KLIK >>> INSTAGRAM DEMO SLOT ONLINE

    KLIK >>> REGISTER BVGAMING

    KLIK >>> PROMO BOLAVITA

    Nikmati permainan menarik lainnya secara GRATISS.

    BANTUAN & DUKUNGAN
    Customer Service 24 Jam

    WA +62-813-7705-5002
    WA +62 812-1495-2061

    ReplyDelete
  20. ZeusBola - Agen IDN Daftar Dengan BTPN Jenius
    Bisa Deposit Dari Emoney dan Pulsa Tanpa Potongan
    OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS
    Dapatkan Bonus New Member 15%
    Pendaftaran : http://zeusbola20.com

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Daftar S128 Menggunakan Bank BTPN Jenius

    ReplyDelete
  21. Di Zeus Bola Hanya dengan 1 UserID, Anda sudah bisa bermain berbagai macam jenis permainan Poker kami yaitu :
    - POKER
    - CEME KELILING
    - DOMINO
    - CEME
    - CAPSA SUSUN
    - SUPER 10
    - OMAHA
    DAN MASIH BANYAK LAGI LOHH

    PROMOSI TERBARU ZEUSBOLA ADALAH BONUS CASH BACK DAN NEW MEMBER PLUS EXTRA TURNOVER LOHH

    Dengan Deposit Pulsa, Gopay & OVO Sudah Bisa Bermain Dan Meraih Keuntungan Yang Besar Jutaan Rupiah Hingga Sepeda Motor !!


    ReplyDelete